Form WhatsApp

Mengenal Kegunaan dan Jenis Pallet dalam Dunia Cargo & Logistik

shape image

Mengenal Kegunaan dan Jenis Pallet dalam Dunia Cargo & Logistik

Mengenal Kegunaan dan Jenis Pallet dalam Dunia Cargo & Logistik - Istilah pallet saat ini mungkin sudah tidak asing lagi karena pallet ini bisa sering kita jumpai saat ke super market, dimana palet disitu difunakan sebagai tatakan barang-barang yang sedang dijual. Biasanya ada 2 pallet yang kita lihat yaitu palet kayu dan pallet plastik.Ternyata jenis dan kegunaan palet bermacam macam, apakah itu simak terus aartikel ini.

Mengenal Kegunaan dan Jenis Pallet dalam Dunia Cargo & Logistik

Barang yang disebut pallet ini memang banyak ditemui di dunia cargo dan logistik, karena pallet ini penjadi peralatan yang wajib ada. Megumiplastics, adalah salah satu perusahaan di cikarang yang sudah lama menggunakan pallet ini. Sebagai perusahaan yang menjual produk-produk packaging seperti stretch film, OPP tape, strapping band dalam proses penyimpanan dan pengiriman ke customer pallet sangat membantu .

Pallet ternyata selama ini sudah sangat banyak bermanfaat bagi kelangsungan penyimpanan dan pengiriman barang  oerusahaan. Lalu apa saja kegunaan dari pallet beserta jenis-jenisnya yang biasanya dipakai oleh jasa cargo atau logistik?


Kegunaan Pallet & Jenis Pallet

Kegunaan Pallet

1.Kegunaan palet dalam dunia cargo dan logistik adalah sebagai alas atau tatakan untuk meletakkan barang-barang yang akan dikirim atau disimpan di gudang. Barang yang diletakkan di atas palet, akan lebih muda di angkat dengan forklift karena terdapat rongga khusus garpu forklift pada bagian bawah palet.

2.Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berfungsi untuk melindungi barang dari lantai yang berair atau lembab juga melindungi saat barang dalam proses pengiriman.

3.Tatakan pajangan di Toko - seperti yang kadang Anda lihat si super market, pallet digunakan sebagai tatakan barang yang sedang di panjang.

Jenis-Jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Jenis pallet bermacam-macam saat ini, kalau dulu yang dilenal hanya palet kayu, sekarang iti karena teksnologi semakin canggih, pallet bisa dibuat dari bahan selaib kayu, seperti plastik, logam dan kardus. Ada berbagai jenis palet yang lazim digunakan dalam dunia cargo. Secara garis besar, jenis pallet sendiri terbagi kedalam dua kategori. Yang pertama pallet berdasarkan drive direction dan pallet berdasarkan bahan materialnya.

Jenis Palet Berdasarkan Drive Direction

a. Pallet 2 Ways
Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 sisi, yaitu sisi depan dan juga sisi belakang
b. Pallet 4 ways
Pallet 4 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 sisi yaitu sisi depan, sisi belakang, sisi kiri dan kanan.

Jenis Pallet Berdasarkan Bahan Materialnya
a.Pallet Kayu
Jenis pallet ini terbuat dari material kayu. Jenis kayu yang digunakan juga bukan sembarang kayu melainkan kayu dari pohon terpilih. Indonesia adalah negara pemakai pallet kayu terbanyak di dunia, sebab bahan baku kayu banyak terdapat Indonesia. Jadi material untuk pembuatan pallet kayu cukup mudah diperoleh.

b. Pallet Plastik
Pallet ini terbuat dari bahan plastik. Perbedaan mendasar dari pallet yang terbuat dari plastik dan juga kayu ialah pada sisi atasnya. Pallet kayu pada sisi atasnya dibentuk dari kayu yang melintang dan terdapat jarak antar kayu tersebut. Sementara pallet plastik di atasnya tertutup rata. Kelebihan dari pallet plastik adalah bahannya yang awet dan tak mudah rusak.

c.Pallet Kardus
Jenis pallet tidak hanya terbuat dari kayu dan juga plastik, terdapat pallet yang terbuat dari kertas kardus. Jenis pallet ini cukup kuat untuk menahan bobot di atas 100 kg. Pallet kardus termasuk pallet yang ramah lingkungan sebab dapat di daur ulang.  Pallet kardus banyak di pakai oleh negara Jepang.

d.Pallet Besi
Jenis pallet ini adalah jenis yang paling kuat diantara pallet lainnya. Pallet logam lazimnya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam juga merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain. Walaupun jenis pallet ini terbilang yang paling kuat, tetapi ia juga mempunyai kelemahan. Yaitu jenis pallet logam lemah terhadapa air, karena dapat menyebabkan karat. Kecuali jika pallet logam terbuat dari bahan besi yang tahan terhadap karat.

Ternyata lumayan banyak juga ya, jenis pallet. Supaya Anda tidak keliru, dalam membeli sebaiknya bisa konsultasi langsung kepada ahlinya, Anda bisa menghubungi Mahkotapallet, yang memang sudah lama mengeluti dunia per palletan . Selain menjual palet kayu, pallet plastik Mahkotapallet juga melayani jasa sewa palet kayu. Baca juga 5 hal yang perlu diketahui tentang  pallet yang dijual di pasaran.

© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now