-->

Pallet Plastik VS Kayu : 6 Pertimbangan Memilih Jenis Pallet

Pallet Plastik VS Kayu : 6 Pertimbangan Memilih Jenis Pallet Yang Tepat. Jenis pallet di pasaran bermacam macam, mulai dari pallet kertas/karton, pallet plastik, pallet kayu, pallet besi. 2 jenis pallet yang populer adalah pallet plastik dan pallet kayu. 8 pertimbangan ini akan membantu Anda untuk mengetahui dengan jelas pallet apa yang Anda butuhkan.

Pallet Plastik VS Kayu : 6 Pertimbangan Memilih Jenis Pallet

Setiap pallet memililiki kelebihan dan kekurangan, sebagai pengguna tentu Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah itu pallet plastik atau kayu asalkan Anda memilih dengan tepat maka proses produksi dan distribusi perusahaan anda akan berjalan normal.

6 Pertimbangan Memilih Jenis Pallet berikut akan memandu Anda pada pallet yang Anda cari dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Industri dan Produk Anda

Pertimbangan pertama Anda saat akan memilih antara palet plastik vs palet kayu adalah industri tempat Anda beroperasi. Misalnya, Anda memiliki industri perdagangan ikan laut. Dalam kegiatan di lapangan, jelas sekali pallet akan selalu bertemu dengan air, ini berarti hanya pallet plastik yang cocok untuk industri Anda, karena kalau pallet kayu, kayu akan lekas membusuk atau berjamur.

Anda juga perlu mempertimbangkan produk yang Anda pindahkan. Dalam hal ini produk yang Anda pindahkan adalah ikan. Agar bau ikan tidak terserap ke pallet dan juga lebih higienis maka pallet plastik memang yang paling tepat.

2. Berat Produk

Untuk industri berat yang produknya memiliki berat diatas 2.000 pound pasti tidak bisa ditangai dengan pallet plastik. Pallet kayu dengan teknologi custom akan bisa menangani produk Anda.

3. Apakah Biaya adalah Faktor Paling Penting?

Jika biaya palet adalah pertimbangan Anda yang paling mendesak, maka kayu adalah jalan yang harus ditempuh. Palet plastik harganya 2 kali lipat dari palet kayu. Tapi ada alternatif baru pallet plastik yang dijual dengan harga murah seperti pallet plastik rajapallet, pallet platsik bekas berkualitas.

4. Akankah Anda Ekspor?

Kalau produk yang Anda produksi ditujukan untuk kebutuahan ekspor, pallet plastik adalah pilihan Anda, jika Anda tidak ingin tambahan biaya untuk biaya sterilisasi. Tapi ingat biasanya Anda tidak mungkin mendapatkannya kembali pallet tersebut dari luar negeri. Palet kayu lebih murah tapi Anda perlu memenuhi aturan kepatuhan ekspor.

5. Palet sebagai Bagian dari Display Toko

Jika Anda berencana menggunakan palet sebagai tatakan display di dalam toko, pallet plastik mungkin terlihat lebih baik daripada kayu. Dalam banyak kasus, seperti gudang dan toko kotak besar, itu tidak masalah.

6. Apakah Anda Perlu Ukuran Pallet Khusus?

Kalau pallet yang Anda butuhkan memiliki ukuran khusus, maka jelas pallet kayu adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Pallet plastik telah dibuat dengan ukuran tertentu. Apabila Anda ingin mendapatkan ukuran khusus, maka akan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal untuk mendapatkan palet plastik dalam ukuran khusus tersebut. Pallet kayu bisa dikustomisasi dengan mudah dan hemat biaya.

Dengan 6 Pertimbangan Memilih Jenis Pallet tersebut, Anda sudah bisa menemukan pallet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Adanya kelebihan dan kekurangan dari pallet plastik Anda bisa memanfaatkan setiap kelebihannya, sehingga Andamakan menemukan pallet yang efektif untuk produk Anda.

Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()