Form WhatsApp

Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak

shape image

Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak

Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak - Setiap perusahaan yang memiliki industri baik itu manufaktur maupun general trading pasti mengenal pengiriman barang. Kecuali mereka bergerak dibidang penjualan jasa.

Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak


Barang hasil produksi agar sampai pada konsumen harus melewati apa yang disebut dengan pengiriman. Untuk itulah, pengiriman merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan industri.

Dalam proses pengiriman ini pengetahuan tentang cara mengirim produk dengan aman dan antirusak wajib diketahui oleh setiap karyawan bagian pengiriman. Dengan sistem pengiriman produk yang tepat, kepuasan pelanggan pun bisa terjaga.

Ingat, keberhasilan penjualan produk Anda tidak hanya ditentukan dari berapa banyak Anda telah menjual barang, tetapi bagaimana produk yang telah dibeli konsumen tersebut sampai dengan selamat di tangan konsumen.

Anda bisa menjual barang, namun sampai pada konsumen, produk Anda dikomplain oleh konsumen karena sampai di tangan mereka barang/produk rusak, tergores, atau mungkin terjatuh saat proses pengiriman. Kalau sudah begini, ini pertanda Anda akan kehilangan konsumen. Kecuali, konsumen Anda mau memaafkan dengan syarat produk dikirim kembali.

Oleh karena itulah, pengetahuan tentang cara Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak perlu Anda pahami.

Berikut adalah Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak

1. Lindungi produk secara berlapis
Pastikan bahwa produk yang akan di kirim dimasukan dalam kardus atau kotak yang lebih besar dari produk Anda. Kemudian, ruang diantara produk dan kardus/karton diberi bubble wrap,  koran bekas atau styrofoam, atau produk sejenisnya yang bisa mengisi kekosongan ruang di dalam kardus sehingga produk tidak goyang saat didistribusikan.

2. Gunakan Stretch Film untuk memwrapping produk Anda.

Kelebihan dari plastik stretch film adalah tidak mudah sobek, anti air, anti debu tidak membutuhkan lem untuk membungkus. Selain melindungi produk dari goresan benda tajam atau tumpuk stretch film juga akan melindungi produk dari air dan debu. Jadi, anda tidak perlu kawatir saat ada hujan lebat.

3. Gunakan Pallet plastik
Apabila Anda ingin mengirim produk dalam jumlah besar atau banyak ada baiknya gunakan pallet plastik. Dalam pengiriman produk jumlah besar tentu dibutuhkan alat yang bisa digunakan untuk memindahan dan mendistribusikan dengan cepat, sepeti hand pallet, hand stacker atau forklift.

Berikut contoh penggunaan pallet plastik di Megumiplastics saat akan mengirim produk stretch film ke kuatomer.

Tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak

Di sini, pallet menjadi perlengkapan yang wajib Ada. Karena, dengan pallet plastik ini, produk Anda akan mudah dipindahkan, terlindungi saat proses pemindahan atau pengangkutan, proses pengiriman Anda juga akan menjadi lebih cepat.

Baca lebih jauh di mengapa menggunakan stertch film untuk membungkur barang Anda?

4. Pertimbangkan untuk memakai packing kayu
Selain menggunakan perlindungan berlapis bubble wrap dan karton, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memakai packing kayu. Cara mengirim paket dengan packing kayu bisa kamu lakukan untuk produk yang memang benar-benar rentan rusak ataupun pecah.

Dibandingkan dengan pembungkus karton, packing kayu memang lebih menyulitkan. Namun, terkadang pihak perusahaan ekspedisi menyediakan layanan pembuatan packing kayu yang bisa kamu manfaatkan.

5. Tempelkan stiker peringatan
Setelah produk dibungkus atau di wrapping dengan rapi, masih ada yang kurang, yaitu melengkapi paket pengiriman dengan stiker peringatan yang menginformasikan bahwa barang di dalam paket merupakan barang yang rawan rusak akibat goncangan atau barang pecah belah.

6. Pilih ekspedisi pengiriman yang tepat
Kaluau Anda memiliki jasa ekpedisi sendiri sebenarnya labih baik menggunakan tenaga pengiriman perusahaan, sehingga mundah di monitor.
Kalau menggunakan jasa ekspedisi dari luar, pilih jasa ekspedisi pengiriman yang tepat dan bertanggungjawab.

Semoga tips Mengirim Barang dengan Aman dan Antirusak ini bisa memberikan referensi untuk Anda yang sering melakukan pengiriman barang setiap harinya. Kalau Anda butuh produk seperti stretch film bisa menghubungi megumiplastics, kalau mencari perusahaan yang jual pallet plastik bisa mengunjungi rajapallet.
© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now