-->

Mengenal Stretch Film Pembungkus Praktis Tanpa Lem

Seoadzone.com - Apakah ada yang mengenal atau mungkin pernah melihat stretch film? Ada yang mungkin pernah melihat, ada pula yang mungkin pernah memakainya. Tapi tunggu dulu, kalau Anda pernah menggunakan untuk membungkus makanan itu bukan stretch film tapi plastik wrapping. Jadi jangan sampai keliru, antara stretch film dan plastik wrapping.

Yang ingin tahu perbedaannya bisa lihat di perbedaan plastik wrapping dan stretch film.

Stretch film atau disebut juga Stretch wrap, plastik wrapping adalah film plastik yang sangat lentur biasa digunakan untuk membungkus atau wrapping produk industri. Sifatnya yang elastis membuat plastik ini mengikat dengan erat ke produk yang dibungkusnya tanpa menggunakan lem.

Mengenal Stretch Film Pembungkus Praktis Tanpa Lem

Kegunaan Stretch Film
Stretch film Ini sering digunakan untuk menyatukan muatan pallet plastik juga dapat digunakan untuk menyatukan item yang lebih kecil. Produk ini berguna untuk melindungi suatu produk dari air (hujan) dan debu, meningkatkan kemanan produk yang dikemas, dan mempermudah kerja dalam proses bongkar muat.

Selain itu, dapat juga berguna untuk mengikat tumpukan produk yang dikemas sehingga terjaga kestabilannya pada saat dilakukan pengiriman atau penyimpanan dan mengurangi efek bergeser produk-produk tersebut.

Pengguna Stretch Film
Paling banyak digunakan oleh industri seperti pabrik, jasa kurir, dan berbagai jenis industri yang memerlukan penanganan produk agar tidak rusak ataupun jatuh. Stretch film ini memiliki beragam ukuran untuk mengakomodasi ukuran produk-produk yang akan dibungkus, beberapa ukuran diantaranya yaitu 500 mm x 18 mic x 200 m dengan ketebalan 10 micron atau 12 micron.

Biasanya, produk ini merupakan pelengkap dari mesin pembungkus, baik untuk membungkus produk besar maupun untuk produk kecil. Beberapa jenis mesin yang menggunakan stretch film diantaranya yaitu hand roll / hand wrap dan machine roll / machine wrap. Pengguna biasanya mencari harga stretch film murah namun memiliki kualitas baik.

Stretch Film VS Plastik Wrapping
Produk stretch film ini kadangdikira sebagai plastik wrapping, karena bentuknya yang hampir sama.
Kedua benda ini memang bisa dikatakan hampir sama persis, baik dari bentuknya kelenturannya, elastisnya, hampir sama persis. Coba Anda lihat gambar di bawah ini:

Tampak serupa bukan? Lalu apa yang membedakannya?
1.Stretch film tidak bisa digunakan untuk membungkus makanan, sedangkan plastik wrapping bisa digunakan karena tidak berbahaya untuk makanan, sedang kan stertch fil tidak dianjurkan.
2.Stretch film lebih tebal dibandingkan dengan plastik wrapping. Semua sama-sama tipis dan elastis tapi plastik wrapping lebih tipis.
3.Stretch film biasanya memiliki gulungan lebih tebal atau banyak, sedang plastik wrapping ada dalam gulingan sedikit.
4.Dibandingkan plastik wrapping stretch film lebih kuat tarikannya, karena biasanya digunakan untuk produk yang keras.

Dalam kegiatan paletisasi, stretch film dapat memiliki beberapa fungsi:
  1. Peningkatan stabilitas produk atau paket, membentuk satuan muatan
  2. Penanganan dan penyimpanan beban unit yang lebih efisien
  3. Memberikan perlindungan debu dan kelembaban
  4. Beberapa tingkat resistensi tamper dan ketahanan terhadap pencurian
  5. Beberapa tingkat perlindungan matahari (UV stretch wraps)
  6. Memastikan kotak tetap berada di palet dan selaras dengan benar adalah pertimbangan penting dalam distribusi gudang.
Kalau Anda ingin tahu lebih banyak mengenai produk ini, sebaiknya menghubungi ahlinya di megumiplastivs.com
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()