Form WhatsApp

Mengenal Lakban | Jenis Lakban & Fungsinya

shape image

Mengenal Lakban | Jenis Lakban & Fungsinya

Mengenal Lakban | Jenis Lakban & Fungsinya - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu benda yang disebut sebagai lakban. Benda ini bisa kita temukan dimana-mana, di rumah, disekolah, di kampus, di kantor, di pabrik, di bengkel, di gudang pabrik. Ternyata lakban jenisnya bermacam-macam.

Lakban, benda kecil yang harganya tergolong murah ini digunakan hampir disemua tempat dan lapisan masyarakat. Ternyata, lakban tidak hanya satu jenis. Selain lakban yang sering dipakai pada kehidupan sehari-hari, baik di rumah tangga maupun di perkantoran, ada juga jenis lakban yang digunakan dalam beberapa industri tertentu dan tujuan tertentu seperti industri jasa pengecatan kendaraan otomotif, pemotongan kaca.

Secara umum lakban terbuat dari bahan plastik, atau campuran dengan bahan kertas berbentuk tipis digulung pada paper core dan salah satu sisinya memiliki perekat. Dalam perkembangannya lakban ini dibuat dalam berbagai warna dan ada juga yang kedua sisinya memiliki perekat.

Jenis- Jenis Lakban
Opp Tape / Lakban
Opp tape merupakan jenis lakban yang sering kita jumpai dalam keseharian kita. Biasanya digunakan untuk pengepakan kardus. Lakban OPP tape ini berwarna bening atau coklat. Sekarang, lakban ini tersedia dalam berbagai warna: merah, biru, kuning, hijau.

Mengenal Lakban | Jenis Lakban & Fungsinya

Lakban Opp tape ini dibuat dari bahan polypropylene film yang memiliki kekuatan dan kelenturan baik. Perekatnya menggunakan lem water base acrylic yang kuat sehingga dapat menempel erat pada segala macam permukaan yang terbuat dari bahan kaca, kayu, karton, kertas, besi, plastic.

Stationary Tape
Sebenarnya jenis lakban ini memiliki fungsi yang sama dengan opp tape namun stationary tape memiliki ukuran yang lebih kecil untuk pekerjaan yang lebih kecil. Terbuat dari bahan polypropylene film coated dan perekatnya lem water base acrylic resin yang kuat. Lakban ini sering digunakan dalam keperluan rumah tangga, kantor, karya seni, sekolah, bungkus kado, dan lainnya.

Stationary Tape


Masking Tape
Jenis lakban yang bernama masking tape ini biasanya digunakan untuk mencegah permukaan tertentu kena cat, menyembunyikan permukaan yang tidak rata dan lainnya yang terkait. Biasanya ini digunakan oleh jasa pengecatan kendaraan otomotif seperti mobil dan motor.

masking tape

Selain itu juga digunakan dalam jasa pemotongan kaca, interior design baik di kantor maupun rumah dan bangunan lainnya. Masking tape ini mudah disobek dan dilepas sehingga tidak meninggalkan bekas pada permukaan tersebut. Terbuat dari bahan kertas krep yang dilapisi solvent base natural rubber resin.

Cloth Tape
Cloth tape ini sebenarnya sering kita lihat saat akan menjilid buku, makalah dan lainnya. Lakban kain berwarna hitam ini selain digunakan untuk penjilidan, juga digunakan untuk pengepakan kargo dan tujuan lainnya yang terkait.


cloth tape


Terbuat dari bahan kain katon dengan permukaan luar dilapisi dengan PE dan permukaan dalamnya dilapisi natural rubber resin. Jenis lakban ini sangat kuat, tahan terhadap cuaca dan tidak mudah sobek. Lakban hitam ini sering jadi pelengkap bahan dagangan di tempat jasa fotokopi, toko bangunan, toko buku dan lainnya.

Double Tape
Satu lagi lakban yang sering kita pakai dan lihat yaitu double tape. Lakban ini ada yang berukuran besar dan kecil sesuai tujuan tertentu. Terbuat dari bahan kertas tisu yang kedua sisinya dilapisi acrylic base adhesive sehingga kedua sisinya bisa menempel pada permukaan tertentu. .

Double Tape


Double tape ini cocok untuk digunakan pada bidang elektronik, perkantoran, industry percetakan, sekolah dan lain-lain. Bagi pengunjung yang membutuhkan produk packaging selain lakban seperti stretch film,  strapping band bisa lihat di megumiplastics.
© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now