Form WhatsApp

Mengenal Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Logistik

shape image

Mengenal Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Logistik

Mengenal Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Logistik - Dalam dunia bisnis perdagangan, inovasi selalu diterapkan dalam setiap penjualan, sehingga bisnis Anda semakin berkembang dan bertahan meskipun semakin banyak kompetitor. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan branding sebagai upaya pengkomunikasian ataupun pengenalan informasi suatu barang ataupun jasa.


Mengenal Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Logistik


Selain melakukan branding, salah satu cara untuk mempertahankan eksistensi produk yang dihasilkan adalah dengan memberikan kemasan yang menarik. Kemasan itu sendiri selain berfungsi sebagai pelindung juga sebagai upaya untuk menarik perhatian minat beli.

Kemasan yang menarik

Ditambah dengan perkembangan dunia digital yang semakin berkembang pesat, lahirlah berbagai profesi yang bisa membantu memberikan sentuhan daya tarik visual, yakni dari daya cipta seorang designer product.

Kemasan yang menarik bisa dilihat dari adanya bentuk, struktur, material, warna, tipografi dan elemen-elemen lainnya yang bisa memberikan informasi produk dengan jelas.

Strategi ini telah terbukti untuk membangun tingkat profesionalisme produk dan alternatif cara pemasaran. Walaupun terkesan masih tradisional, namun cara ini masih tetap berhasil hingga sekarang.

Secara umum, manfaat mengaplikasikan strategi kemasan adalah sebagai berikut:
– Kemasan bisa melindungi barang dari kehancuran, busuk ataupun hal yang bisa merusak.
– Kemasan membantu memasarkan produk yang Anda jual
– Kombinasi dari keduanya, strategi marketing dan logistik bisa memaksimalkan hasil yang didapatkan


Berikut ini jenis-jenis kemasan :



Kemasan Primer, yaitu bahan kemas langsung untuk melindungi barang/bahan mental/bahan jadi/bahan setengah jadi (kaleng susu, botol minuman, dll).

Kemasan Sekunder, yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya.

Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan. Salah satu kemasan yang bisa digunakan adalah menggunakan palet plastic agar barang yang disimpan ataupun dalam proses pengiriman bisa tetap aman terjaga dengan baik.

Point-pont di atas merupakan manfaat yang didapatkan ketika mengaplikasikan fungsi kemasan yang baik dalam bisnis. Terlebih dalam dunia perlogistikan, tidak semua bisa dijamin selama pengiriman entah ke luar kota ataupun luar negeri. Karena itu, pengaplikasian pelindung kemasan memiliki pengaruh yang penting.

Pallet adalah salah satu material yang berfungsi untuk menunjang kemasan produk. Umumnya kemasan ada yang terbuat dari kayu dan plastik. Namun, penggunaan bahan plastik lebih banyak digunakan karena memiliki daya tahan dan lebih mudah dilakukan perawatan serta lebih hemat. Pallet berbentuk plastik juga anti air. Itulah yang membuat pallet plastik lebih sering Anda temukan saat proses pengangkutan barang.

Untuk melindungi produk kemasan, terutama saat dalam proses pengiriman selain pallet plastik dibutuhkan stretch film sehingga saat proses pengiriman produk terlindungi. Yang mencari produk ini bisa dilihat di jual stretch film.
© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now