Form WhatsApp

Kegunaan Pallet Plastik di Industri Logistik dan Pergudangan

shape image

Kegunaan Pallet Plastik di Industri Logistik dan Pergudangan

 Kegunaan Pallet Plastik di Industri Logistik dan Pergudangan  Pengaplikasian pallet plastik dalam industri logistik dan pergudangan saat ini berkembang cukup pesat menggantikan material lainnya yang lebih tradisional, contohnya pallet kayu. Lantas apa yang membuat pallet plastik menjadi pilihan pallet yang paling populer saat ini?

Kegunaan Pallet Plastik di Industri Logistik dan Pergudangan

Sebetulnya, pallet plastik digunakan untuk mengemas atau mengirim produk yang sama persis dengan pallet kayu. Namun, pallet plastik memiliki nilai kompetitif yang lebih baik dibandingkan pallet kayu ketika produk yang dikirim atau dikemas adalah produk yang sangat rentan terhadap kontaminasi, kerusakan, atau pembusukan seperti makanan, obat-obatan, atau barang lain. Karakteristik unik pallet plastik juga menjadikannya pilihan ideal untuk pengaplikasian sistem logistik otomatis.

Pengaplikasian Pallet Plastik

Keunggulan pallet plastik didapat dari material pembuatnya, yaitu plastik. Seperti kita ketahui, plastik memiliki karakteristik yang ringan namun tetap kuat, awet, dan tahan akan kelembapan juga mikroorganisme yang bisa menyebabkan kerusakan atau kebusukan pada produk.

Pallet plastik berkualitas tinggi memiliki konstruksi yang kokoh dan tidak menggunakan paku atau papan. Hal ini tidak dimiliki oleh pallet kayu yang dibuat dengan menyambungkan papan-papan yang rentan lepas dan meninggalkan puing-puing pada area produksi transportasi.

Bahan dan konstruksi pallet plastik menjadikannya sebagai perangkat atau alat pengiriman yang ideal untuk industri yang mengutamakan kebersihan, keamanan, dan kekuatan. Berikut beberapa diantaranya.

Industri Makanan

Kebersihan pada proses produksi, penyimpanan, dan transportasi makanan sangatlah penting untuk menjaga produk tetap aman dikonsumsi dan untuk menghindari penolakan muatan oleh pengecer akibat produk yang rusak.

Menggunakan pallet plastik dapat membantu produsen dan pengangkut makanan untuk mengakomodasi persyaratan tersebut.

Industri Farmasi


Produk farmasi seperti obat-obatan, dan vaksin memiliki regulasi kehigienisan dan sterilitas yang lebih ketat dari produk pada industri lainnya, termasuk produk makanan. Banyak obat-obatan membutuhkan lingkungan bersih yang ketat selama pembuatan dan pengemasan.

Pallet plastik yang memiliki sifat non-absorbent dan mudah disterilkan adalah satu-satunya platform pengiriman yang dapat memenuhi persyaratan kebersihan untuk pengaplikasian pallet pada industri ini.

Industri Kertas

Produk seperti tisu dan popok sangat rentan untuk rusak pada masa pengiriman. Seringkali, kemasan maupun produk yang terbuat dari kertas rusak akibat tersobek oleh serpihan-serpihan dari pallet kayu yang digunakan pada masa pengiriman.

Ketahanan dan konstruksi pallet plastik yang menyatu tidak akan meninggalkan serpihan dan tidak memiliki tepi tajam yang dapat merusak kemasan produk kertas.

Muatan Berat

Air, minuman, dan produk cair lainnya biasanya dikirim dengan volume yang besar sehingga memiliki bobot yang sangat berat. Pallet plastik berkualitas tinggi secara signifikan lebih kuat daripada pallet kayu dan mampu membawa beban hingga 2.200 kg.

Pengaplikasian pallet plastik menjadi opsi alternatif dari sekian banyak pilihan pallet lain bagi banyak industri untuk melakukan efisiensi biaya. Namun, jika kehigienisan merupakan hal yang krusial pada tahap pengiriman, maka pallet plastik adalah satu-satunya pilihan yang paling tepat.

Jika perusahaan Anda memproduksi atau mendistribusikan produk makanan dan hasil bumi seperti daging, unggas, telur, atau produk susu, pallet plastik tepat digunakan karena dapat dengan mudah dibersihkan untuk menghindari kontaminasi produk dan area produksi.

Hal yang sama berlaku untuk produk yang cenderung sensitif seperti obat-obatan dan berbagai jenis produk kertas yang perlu dijaga agar tetap kering dan bersih. Ketahanan dan stabilitas dimensi plastik juga menawarkan keunggulan lain yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dalam proses transportasi produk.

Demikian informasi mengenai pallet plastik dan kegunaannya dalam industri logistik dan pergudangan. Untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan produk packagimg seperti  Anda di pallet plastik, stretch film. Kalau produk printing seperti doctor blade bisa di rotogravure.

© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now