Form WhatsApp

Kebutuhan Pallet Plastik dalam Industri Pertanian

shape image

Kebutuhan Pallet Plastik dalam Industri Pertanian

Kebutuhan Pallet Plastik dalam Industri Pertanian. Jenis pallet yang cukup populer dan sangat menonjol di tahun-tahun ini adalah pallet plastik. Pallet jenis ini begitu populer karena praktis, anti air, anti rayap, anti serangga dan mudah dibersihkan dan tahan lama, dan keuntungan lain yang sebenarnya tidak langsung kita rasakan adalah membantu melestarikan kehidupan pohon-pohon di hutan. 

Kebutuhan Pallet Plastik dalam Industri Pertanian


Dengan berbagai keunggulan itulah pallet plastik begitu populer dan hampir menggantikan posisi pallet kayu yang sempat populer. Pallet kayu pernah mencapi posisi tertinggi dalam dunia material handling, namun semakin lama semakin banyak pohon yang ditebang untuk kebutuhan pallet, oleh karena itulah pallet kayu semakin tidak ramah terhadap kelestarian pohon.

Kebutuhan akan keberadaann pallet plastik juga dirasakan dalam industri pertanian. Salah satu alasannya adalah karena pallet ini lebih higienis sehingga bakteri tidak akan atau lebih sulit menyebar.


Para petani hanya menggunakan pallet plastik sekitar 28% saja pada tahun 1999. Akan tetapi, sekarang jumlah pallet plastik meningkat secara signifikan. Sekarang, industri pembibitan cukup banyak menggunakan pallet ini. Hal ini dikarenakan oleh ketahanannya terhadap sinar UV.

Beberapa industri pembibitan menggunakannya di bawah baki penyemaian dan pengembangbiakan. Apabila terjadi kerusakan yang umumnya disebabkan oleh human error, mereka dapat mendaur ulang pallet tersebut dan menggunakannya kembali.

Ciri khas kedua yang membuat industri pertanian beralih ke pallet plastik adalah sifatnya yang tahan air atau anti air. Dengan kondisi seperti ini pada saat pallet digunakan sebagai alas pembibitan menjadikan bibit mudah sekalai dipindahkan dan saat di siram air pun para petan tidak khawatir dengan air, karena pallet plasti anti air.

Kebutuhan pallet plastik disektor pertanian ternyata tak hanya di bagian pembibitan dan penyemaian juga saat hasil pertanian di panen. Beberapa hasil pertanian seperti berupa biji-bijian banyak yang mengalami penyimpanan di gudang, sebelum akhirnya di distribusikan, sebagai contoh beras/padi, gandum kedelai, jagung.

Dalam proses penyimpanan dan pemindahan, pallet plastik memiliki peranan yang sangat penting selain memepermudah proses pendistribusiaan, pallet plastik juga menjadi alas saat disimpan didalam gudang. Karen pallet plastik selalu kering tidak menyerap basah pallet plastik selalu membantu agar hasil pertanian tidak dalam kondisi lembab.

© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now