-->

Tips Mencegah Kebakaran Karena Listrik Statis

Dailytips.id - Tips Mencegah Kebakaran Karena Listrik Statis. Dalam 1 tahun kebakaran di pabrik atau lingkungan industri percetakan dan printing selalu ada. Akibat kebakaran ini aset perusahaan yang bernilai milyaran rupiah habis. Banyak penyebab kebakaran, namun ada satu penyebab yang mungkin selama ini mungkin kurang mendapat perhatian karena dianggap tidak berbahaya, yaitu listrik statis

Tips Mencegah Kebakaran Karena Listrik Statis


Pengetahuan mengenai Listrik statis selama ini tidak banyak berkembang karena, secara historis, itu tidak dianggap berguna - Hal ini berbanding terbalik dengan listrik yang saat ini sudah dikenal,yaitu: memiliki banyak kegunaan untuk manusia dalam menyediakan energi dan daya.

Berikut adalah 3 bahaya atau ancaman yang disebabkan listrik statis yang perlu diwaspadai:

1. Tersambar Petir

Petir adalah contoh listrik statik yang terjadi saat terjadi badai atau hujan. Petir memiliki muatan negatif besar, dan akan menuju bumi yang netral. Petir dapat menyambar manusia atau bangunan saat menuju bumi. Ini dapat menyebabkan kematian atau kebakaran. Karena itu, pada puncak gedung sering dibangun penangkap listrik, yang mengalirkan listrik melalui kabel atau kawat logam ke bumi.

Tips Mencegah Kebakaran Karena Listrik Statis


2. Kotoran Pada Alat Elektronik

Alat listrik akan mengumpulkan debu, karena efek listrik statik. Debu ini akan menyebabkan kotor. Debu ini menempel ke alat listrik karena efek listrik statik.

3. Percikan Api Yang Dapat Menyebabkan Kebakaran
Gerakan elektron dari benda bermuatan negatif ke benda bermuatan negatif dapat memicu api. Bila terkena bahan mudah terbakar seperti kain atau minyak, solvent dan cairan yang mudah terbakar dapat menyebabkan kebakaran.

 



Dari ketika point nomor 1-3 di atas, listrik statis yang banyak menimbulkan kebakaran adalah pada point nomor 3. Kasus ini biasanya terjadi di dunia cetak rotogravure atau dunia printing yang menggunakan solvet (thinner) untuk mengencerkan campuran pigment (zat pewarna) dan resin (zat perekat) sehingga menjadi agak encer.

Bagaimana listrik Statis Dihasilkan? di dunia industri listrik statis ini bisa dihasilkan oleh beberapa hal
a.  Kontak dan Pemisahan antara dua bahan (termasuk gesekan, bepergian rol dll).
b. Perubahan panas yang cepat (misalnya Bahan melalui oven)
c. Radiasi energi tinggi, UV, x-ray, medan listrik yang intens (tidak sangat umum di industri)
d. Bagian pemotongan (mis. Pemotong slitter atau sheet)

Kontak dan pemisahan mungkin merupakan penyebab statis paling umum dalam industri tempat film dan lembaran diproses. Itu terjadi ketika bahan terlepas atau melewati roller.

Ketika listrik statis ini menimbulkan percikan api dan mengenai bahan yang mudah terbakar, seperti solvent, maka kebakaran pun tak akan bisa dihindari.

Cara mencegah listrik statis adalah dengan cara mengeleminasi atau meniadakan listrik statis timbul , yaitu dengan alat yang disebut sebagai anti static. Terkait produk ini Anda bisa menanyakan ke ahlinya yaitu rotogravureindonesia, atau Anda bisa klik link anti static, jual anti static.



Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()