Form WhatsApp

Harga Pallet Plastik Baru di Pasar Indonesia

shape image

Harga Pallet Plastik Baru di Pasar Indonesia

Siapa sih yang tidak kenal palet plastik, hampir di semua gudang, industri, super market barang yang disebut pallet ini bisa kita jumpai. Pallet memang lebih banyak di temui di gudang karena alat ini  merupakan salah satu bagian dari gudang yang berfungsi untuk meletakkan barang-barang dengan tujuan memudahkan penyimpanan, perhitungan, dan distribusi.

Harga Pallet Plastik

Di lapangan pallet yang umumnya Anda jumpai biasanya terbuat dari material kayu atau plastik, karena kedua harga pallet ini cukup terjangkau. Di pasaran pallet kayu harga bisa di bawah Rp 100.000,-, sedangkan harga pallet plastik berkisar ratusan ribu sampai jutaan rupiah per pcs.

Umumnya, pallet berbentuk kotak segi empat, bisa persegi atau persegi panjang. ISO sudah mematenkan beberapa ukuran yang menjadi standar internasional. Di Eropa misalnya, pallet distandarkan dalam ukuran 120 x 100 cm. Sementara, untuk Asia, standar ukuran pallet adalah 110 x 110 cm. Standar ukuran Asia dan Eropa ini menjadi ukuran yang lazim digunakan juga di Indonesia.

Berdasarkan drive direction-nya, ada dua jenis pallet, yaitu 2 ways dan 4 ways. Pallet jenis 2 ways hanya memungkinkan forklift untuk mengambil pallet dari 2 arah, yaitu dari depan dan belakang. Sementara, untuk pallet jenis 4 ways, forklift dapat membawa pallet dari 4 sisi, yaitu dari depan, belakang, kanan, dan kiri.

Menurut bahan pembuatnya, saat ini dikenal setidaknya 4 jenis pallet, yaitu pallet karton, pallet kayu, pallet baja/besi/alumunium, dan pallet plastik. Pallet karton adalah pallet yang terbuat dari kertas/karton biasanya digunakan untuk barang-barang yang tidak terlalu berat dan kering. Pallet kayu, seperti namanya, terbuat dari bahan kayu dan menjadi jenis yang paling banyak digunakan di Indonesia karena relatif murah dan mudah didapat.

jenis pallet

Pallet plastik yaitu pallet yang terbuat dari bahan plastik, pallet jenis ini sedang populer saat ini dan mulai banyak diminati para pemilik industri karena anti air, anti rayap, serangga. Ingin tahu kelebihan yang lain baca kelebihan pallet plastik. Sementara, jenis baja biasanya digunakan pada penerbangan untuk penerjunan, dengan harga yang sangat mahal sehingga jarang digunakan.

Pallet Plastik: Fungsi dan Jenisnya
Berbeda dengan jenis pallet lainnya, pallet plastik memang memilki daya tarik tersendiri karena kelebihannya. Pallet jenis ini diperkirakan telah ada di pasaran sejak lebih dari 30 tahun yang lalu.
Baru-baru ini, pallet plastik telah mencapai pasar yang signifikan dan terus tumbuh pada tingkat jangkauan yang belum pernah terjadi. Pada tahun 1996, kira-kira 22 persen dari distributor bahan makanan di AS menggunakan pallet plastik. Jumlah ini telah meningkat sampai 37,2 persen pada akhir tahun 1997 dan secara dramatis bertambah setiap tahunnya, mencapai 50 persen pada tahun 2001.

Pallet plastik telah mengalami perubahan besar, baik secara desain yang mulai disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di lapangan maupun dari sisi fungsinya. Pallet ini sudah digunakan pada jangkauan industri yang luas, termasuk pertanian, automotif, konstruksi dan bangunan, pakaian, makanan dan bahan pangan, pengiriman barang (freight forwarding), peralatan rumah tangga, logistik, kebun bibit, farmasi, hingga karet. Saat ini, sekitar 90 persen dari semua industri bahan pangan kering beralih ke jenis pallet ini.

Pallet plastik digunakan untuk memindahkan barang-barang melalui semua rantai jaringan distribusi. Perjalanan pallet secara khas berjalan melalui tiga bagian dari industri bahan makanan, yaitu penempatan di pabrik, pusat pendistribusian, dan toko eceran.

Info yang didapat dari Primapallet, distributor pallet plastik di Cikarang, pallet berdasarkan penggunaanya pada umumnya dapat dibedakan menjadi 2 hal, yaitu:

1.Pallet Pengiriman
Pallet ini memang dikhusukan untuk pengiriman barang. Pallet plastik tipe ini biasanya ringan, harga leboih murah dibandingkan dengan pallet gudang. Pallet ini rata-rata tidak bisa digunakan untuk tatakan racking gudang.

Pallet ini dipergunakan untuk pengiriman berbagai macam barang, terutama dari distributor ke tujuan akhir. Barang-barang tersebut ditumpuk di atas pallet, biasanya dibungkus dengan protective film, jaring, atau tali pengikat contoh: pallet plastik D4-1111-11




2.Pallet Gudang
Pallet tipe ini biasanya memiliki bodi yang kokoh, kuat bisa digunakan untuk tatakan racking gudang.
Cara lainnya adalah barang-barang ditumpuk di atas pallet, dimuat di atas kendaraan pengangkut seperti truk atau kereta, dan dikirimkan ke pelanggan.


Harga Pallet Plastik Baru di Pasar Indonesia


Di pasaran, pallet plastik sudah hadir dalam beragam tipe atau jenis, antara lain pallet plastik one way series, pallet plastik heavy duty, medium duty series, dan light duty series. Tentu saja, penggunaannya berbeda-beda tergantung dengan tipe dan juga ukuran tipe pallet plastik tersebut. Berikut ringkasan tipe-tipa pallet plastik.

  1. Pallet plastik one way, tipe pallet yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan cargo. Biasanya, pallet ini punya warna hitam, lebih ringan, dan ekonomis.
  2. Pallet plastik medium duty series, sering digunakan untuk kegiatan pergudangan. Umumnya, pallet ini memiliki warna biru atau abu-abu, punya alas yang kuat dan anti-selip, dan bisa digunakan untuk flat stacking.
  3. Pallet plastik heavy duty, umumnya digunakan untuk beban-beban yang berat, dengan permukaan double deck yang kuat, durable, dan reliable.
  4. Pallet plastik light duty series, bisa digunakan untuk semua kegiatan, termasuk pergudangan dan industri lainnya.
Harga Pallet Plastik Baru
Tipe/Ukuran Pallet Plastik; Harga Pallet Plastik (harga baru)
One Way 1.100 x 1.100 x 120 mm     Rp369.000
One Way 1.200 x 800 x 140 mm    Rp384.000
One Way 1.200 x 1.000 x 140 mm    Rp430.000
One Way 1.200 x 1.000 x 140 mm    Rp491.000
One Way 1.100 x 1.100 x 140 mm    Rp508.000
One Way 1.200 x 1.200 x 140 mm    Rp579.000
One Way 1.200 x 1.200 x 150 mm    Rp705.000
Light Duty 1.200 x 1.000 x 150 mm    Rp759.000
Medium Duty 1.200 x 1.000 x 160 mm    Rp899.000

Daftar harga pallet plastik di atas, adalah daftar harga yang kami dapat berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa toko online, jadi bisa berbeda untuk setiap kota. Apalagi kalau Anda bisa mendaparkan harga pallet plastik promo, mungkin lebih murah. Harga tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing wilayah.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas, mengenai harga tersebut, juga harga pallet plastik bekas Anda bisa langsung menanyakan ke distibutor pallet plastik langsung seperti primapallet.
© Copyright 2019 Seoadzone

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now