Pallet Plastik Tatakan Tepat Hasil Pertanian di Gudang

Seoadzone.com - Pallet Plastik Tatakan Tepat Hasil Pertanian di Gudang. Salah satu mata rantai terpenting dalam proses menghasilkan benih berkualitas yang perlu mendapat perhatian adalah penanganan pascapanen. Yang termasuk dalam penanganan pasca panen diantaranya pengeringan, penyosohan dan penyimpanan.

Tahapan yang paling penting setelah pasca panen, adalah penyimpanan hasil panen. Penyimpanan akan lebih banyak digunakan dan diperhatikan untuk menangani bahan-bahan hasil pertanian yang berupa biji-bijian untuk mengantisipasi terjadinya jamur dan pelapukan.

Kebanyakan bijih hasil panen baik itu berupa beras, jagung, kedalai atau yang lainnya yang telah disimpan di dalam gudang tumbuh menjadi kecambah. Banyak petani kita yang kurang memperhatikan proses penyimpanan.

Pallet Plastik Tatakan Tepat Hasil Pertanian di Gudang

Sebagaimana kita ketahui bahwa proses penyimpanan sangat mempengaruhi kualitas benih. Kesalahan dalam penyimpanan benih padi dapat mengakibatkan respirasi, tumbuhnya jamur, serangan serangga, binatang mengerat bahkan terkena serangan kutu beras.

Proses respirasi yang terjadi menghasilkan panas dan air, kadar air yang tinggi didukung oleh kelembaban udara yang tinggi dapat mempercepat proses respirasi sehingga menyebabkan perkecambahan selain itu kelembaban yang tinggi juga merupakan kondisi yang paling cocok bagi organisme perusak seperti jamur dan kutu. Penyimpanan benih yang tidak baik menyebabkan seluruh rangkaian proses budidaya sampai pada proses menghasilkan benih yang berkualitas akan sia-sia.

Salah satu contohnya adalah biji kedelai, jagung, dan kacang-kacangan. Penyimpanan biji-bijian merupakan usaha dalam mengendalikan laju kerusakan dan menjaga kerusakan pada tingkat atau kadar yang sesuai. Tujuan penyimpanan ini tentunya adalah untuk menjaga kualitas dari biji-bijian setelah proses sebelumnya, yaitu pemanenan dan pengeringan.

Faktor-faktor yang di jadikan sebagai perhatian dalam proses penyimpanan adalah adanya mikroorganisme, suhu dan kelembaban ruang, dan sistem aerasi atau aliran udara dalam ruangan tersebut. Oleh karena itu, dalam rancangan gudang penyimpanan itu diharuskan mampu mengatur dan mengendalikan tiga faktor penting, yaitu:
1.Suhu,
2.Kelembaban
3.Aliran oksigen atau udara.

Selain itu juga cara peletakkan atau penataan barang hasil pertanian juga mempengaruhi kualitas penyimpanan. Hal ini bisa dilihat pada saat penyimpanan hasil pertanian tersebut dilakukan secara curah dan dibandingkan dengan penyimpanan yang sebelumnya dikarungkan terlebih dahulu.

Pallet plastik adalah solusi yang tepat untuk tatakan penyimpanan hasil pertanian Anda. Dengan tatakan pallet plastik jamur, rayap, serangga tidak ada mendekat dan singgah. Pallet juga akan membatu menjaga kelembaban bagian dasar. Harga pallet plastik sekarang lebih terjangjkau.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()